Panduan Beternak Puyuh [Cara Memaksimalkan Produktivitas]

Cara memaksimalkan produksi puyuh dalam bertelur, sebenarnya kalau dirunut dari berbagai artikel yang sudah-sudah, baik di blog baru ini, maupun di blog lama, sudah seringkali dibahas detil-detilnya. Hanya mungkin judulnya saja yang berbeda. Jadi malah seperti muter-muter. Walaupun tidak juga, karena masing-masing punya topik tersendiri.

Perlu lagi mungkin untuk dipertegas pada postingan kali ini, tentang cara memaksimalkan produktivitas puyuh dalam bertelur.

Postingan artikel ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya mengenai Cara Meningkatkan Produktivitas Puyuh. Pada postingan tersebut, sedikit saya opinikan mengenai terkait pada apa saja tentang hasil maksimal dari puyuh. Mengenai ukuran maksimal, saya kira asal sudah terpenuhi cara-cara untuk memaksimalkan produktivitas, berapa dan bagaimana hasilnya, itulah ukuran maksimal. Terkecuali ada yang terlewat. Atau ada penyebab lain yang di luar dugaan, dan menjadi hal baru dalam rangkaian cara memaksimalkan produktivitas puyuh.

Hanya dengan bekal keterbatasan pemahaman dan pengalaman saya dalam perpuyuhan, berikut akan saya sampaikan cara memaksimalkan produktivitas puyuh dalam bertelur. Yang berarti meningkatkan produktivitas untuk yang belum maksimal.
Secara global saja akan saya sampaikan. Mendetilnya, beberapa sudah banyak dibahas di berbagai artikel postingan blog ini maupun blog lama.

1. Perlu dipahami masalah DOQ bibit puyuh petelur. Bisa jadi kemampuan maksimalnya mungkin berbeda-beda antara produk satu dengan yang lainnya, tergantung bagaimana kualitasnya. Walaupun mungkin ada standarnya secara umum.

2. Intensifitas pada masa pembesaran DOQ bibit puyuh petelur. Tentang hal ini sudah banyak juga dibahas, walaupun teknis mendetilnya belum saya postingkan, karena keinginan melampirkan fotonya belum kesampaian.
Intinya, perawatan pada masa pembesaran DOQ bibit puyuh ini ikut menentukan maksimalnya sejauh bagaimana nantinya pada saat dewasa.
Salah satu contoh standar pemberian pakan stater (quail stater) sebagaimana yang disampaikan penyuluh dari PT adalah 6 sak BR stater untuk populasi 1000 ekor bibit puyuh.

3. Setelah masa umuran dewasa, dimana burung puyuh sudah naik kandang teluran, pada masa awal naik kandang (saya lebih menyukai umur 25 hari), jaga standar jatah pakan untuk per-ekor per-hari. Bahkan pada masa ini, istilah jawa-nya diumbar saja untuk memenuhi nutrisi masa pertumbuhan.
Diumbarpun tidak usah khawatir akan habis berapapun. Burung puyuh saya kira tidak akan makan di luar kebutuhannya. Jika dirasa sudah cukup, si doi akan berhenti makan, tidak akan terus menerus makan.

4. Perhatikan per-kandang-an dan lingkungan rumah induk, mulai dari penerangan sampai sirkulasi udara.
Untuk hal ini, bahan atap sepertinya ikut berpengaruh juga. Walaupun masih dalam tahap praduga karena beberapa kasus yang sama, yang baik adalah beratap genting. Jika asbes, mungkin jaraknya tinggi atau di-cat / labur bagian dalamnya. Untuk ini kaitannya dengan berat telur. Walaupun faktor cuaca bisa jadi juga ikut mempengaruhi.

5. Periksa kebersihan tempat minum. Mungkin jika memakai niple drinker, cenderung bersih. Saya kurang paham.

6. Periksa apakah puyuh terserang penyakit. Baik karena virus, bakteri, maupun jamur. Hal mengenai penyakit, juga sudah beberapa dibahas di postingan-postingan blog ini, yang utama dari saudara-saudara yang telah berkenan berbagi ilmunya dalam menangani penyakit puyuh.
Diantaranya untuk pencegahan penyakit ialah dengan vaksinasi.

7. Menjaga sanitasi kandang. Diantaranya dengan penyemprotan desinfektan.

8. Memberikan asupan vitamin, suplemen, dll semacamnya. Alternatifnya juga untuk menjaga stamina, dengan diberi ramuan tradisional seperti yang sudah pernah saya postingkan juga.
Selain itu, dalam rangka menjaga stamina, pemberian gula sepertinya juga penting. Ukurannya 1 sendok makan untuk 10 liter air. Tentu tidak setiap hari. Biasa dianjurkan pada masa pancaroba.

9. Memperhatikan kualitas pakan puyuh baik stater maupun layer.

Sementara 9 dulu cara global memaksimalkan produktivitas puyuh, atau meningkatkan pada puyuh yang belum maksimal produksinya. Mendetilnya sudah beberapa dibahas atau yang akan dipostingkan dalam next artikel.

Barangkali diantara pengunjung yang terhormat ada yang berkenan berbagi? Menambah atau mengkritisi pada cara memaksimalkan produktivitas puyuh.

Salam sejahtera dan sukses selalu.
[Puyuh Jaya]

Artikel terkait:

2.
Begini Rangkaian Global Budidaya Burung Puyuh Petelur dari Awal Sampai Apkir

3. Panduan Beternak Puyuh [Mulainya Bagaimana]

Panduan Beternak Puyuh [Survey Pakan dan Peluang Pemasaran Telur Puyuh]

Panduan Beternak Puyuh [Pemantapan]

Panduan Beternak Puyuh [Pemantapan]

About these ads

53 responses to “Panduan Beternak Puyuh [Cara Memaksimalkan Produktivitas]

  1. Follow blog’ku ya, ntar pasti aku follback http://andiweb3.wordpress.com

  2. artikel yang bagus.
    Numpang ikut belajar ya mas.. :)

    • Kehormatan juga mendapat kunjungan dari Mas Punjung.
      Terima kasih apresiasinya. Tentu saya yang harusnya belajar banyak dari Mas Punjung. Kontribusi untuk dunia perpuyuhan, tentu sangat banyak mendapat manfaat juga dari http://puyuhindonesia.com

      Menunggu masukan, kritik, maupun saran dari Mas Punjung.

      Salam hangat jabat erat.

  3. Kesulitan-kesulitan yang timbul seperti apa saja?

  4. Ping-balik: Teknik Beternak Puyuh [Mulainya Bagaimana?] | [PUYUH JAYA]

  5. kita harus tekuni…

  6. ikut nimbrung yaaa satu saran aja berapapun harga telur puyuh harus tetap dipelihara dengan baik pakan jangan dirubah sebab puyuh g kenal harga telur hehehehe

  7. kenapa yah burung puyuh saya sudah ber umur 45 hari belum juga bertelor mohon bimbinganya makasih pa..

  8. Saya memelihara 3000 ekor puyuh petelur didaerah kaki gunung di Kabupaten 50 Kota, Payakumbuh, Sumatera Barat, udaranya agak dingin,( maaf saya gak tahu ketinggian DPMLnya), sudah 2 bulan, pakan yang saya pakai camuran konsentrat dan bekatul serta jagung giling dan aditif lainnya, sperti premix, mineral, dan bungkil kelapa sawit, Kandang yang saya pakai tipe batere, 5 tingkap, 100×50 cm, tiap tingkap diisi 50 ekor puyuh.
    Permasalahannya, tingkap paling bawah, dekat lantai dengan ketinggian 20 cm dari lantai, produksinya sangat sedikit,, yaitu 20-50% (sementara tingkap ke-2 sampai 5 sudah mencapai 80-95 %),
    Saya sudah coba pasang penerangan lebih dibawah kandang, yang ada malah produksi tingkap ke 4 dan 5 menjadi berkurang, stres barangkali, juga saya beri asupan vitamin lebih banyak, namun tidak berhasil,
    Bagaimana solusinya, mohon bantuan rekan-rekan

    • persis seperti kejadian di sentul kemaren, itu penyebab kelembaban yg terlalu tinggi dilantai, solusinya dengan meninggikan kaki min 40cm, ato untuk sementara tingkat paling bawah dikosongkan.

      • trims mas sholeh, mungkin sekarang saya pindahin saja, kebetulan ada tingkap kosong, semoga produktifitasnya meningkat

        • perkiraan pertama adalah kelembapan, maka dicoba saja dlu cara yg saya utarakan, disamping itu, usahakan agar ventilasi udaranya terjamin, jika perlu atap beri sedikit atap kaca / fiber agar sinar matahari bisa masuk.

  9. Oh ya saya lupa, penerangannya maksimal mas, diatas ada atap plastik, luas kandang 8 x 6 meter, saya pasang dua atap plastik, sementara ventilasi cukup, indikatornya kandang tidak berbau

  10. Siap mas, sudah saya pindahkan, alhamdulillah, sudah ada peningkatan sekitar 10%,, mudah2an bisa mencapai maksimal, sekarang ada lagi neh persoalan, produktifitas kok nauk turun ya, bisa mencapai maksimal 95%, eh besoknya malah, 70%, gimana lagi nih, mohon saran juga
    ,

  11. ya memang begitu, jadi bisa siambil rata-rata dalam satu minggu.

  12. Jadwal perawatan dan kegiatn yang saya lakukan adalah, sbb:
    A. Jadwal kegiatan dikandang setiap hari:
    1. Pagi, Pukul 05.30,pengisian pakan pada box makanan dan pengutipan telur
    2. Pagi, Pukul 08.00, pembersihan areal kandang
    3. Setiap 3 jam, air minum ditambah samapi ukul 22.00 malam
    4. Sore Pukul 15.00 pengisian pakan pada box makanan
    B. Jadwal pembersihan tempat air minum 3 hari sekali
    C. Jadwal pembersihan tempat kotoran 3 hari sekali
    D. Jadwal pemberian vitamin 2 hari sekali
    Kira-kira ini sudah tepat? Mohon saran kemabali

  13. mungkin bisa digaris bawahi masalah pemberian minum setiap 3 jam sekali kenapa?

  14. pak soleh, masih ingat saya pak? Alhamdulillah doq dari bapa sangat memuaskan, sebelumnya bibit dari daerah skitar saya dari usia 40 hari banyak yg ter serang snot, sementara doq dari bapa 100% sampai saat ini tidak ada yg terserang snot, dan kematian pun mutlak di sebabkan dari kecerobohan pemeliharaan saja,:
    mohon penjelasan mengenai pakan pak.
    saya biasa memberi pakan pukul 14.00, dan tempat pakan diisi lagi pukul 19.00, dengan perhitungan 22gram/ekor/hari. Tapi setiap pagi tempat pakan pasti sudah kosong, dan kembali saya isi pukul 14.00,

    pertanyaannya:
    apa saya harus menambah volume pemberian pakan pak (tempat pakan jgn sampai kosong).
    Mohon pemjelasannya, trmksih..

  15. Pak Sholeh, pemberian air minum ditambahi setiap 3 jam, karena biasanya persediaan air didalam wadah sudah berkurang, trims

    • desain ulang tempat minum, tau pakai galon, sehingga bisa diberi sekali sehari. bagusnya pagi hari, persediaan minum jgn sampai habis sampai ketemu pagi lagi. klo bisa lebih jadi kesediaan minum terjamin.

  16. yup, trims sarannya, semoga bisa share lagi, salam

  17. mungkin bisa digaris bawahi masalah pemberian minum setiap 3 jam sekali kenapa?

  18. saya mau tanya,
    vitamin apa saja yg baik untuk memproduksi hasil telur yang maksimal ?

  19. joyslem@yahoo.co.id

    syallom, salam sejahtera
    saya pak Anton sebagai pemula saya berterimakasih sekali atas artikel dari puyuh jaya yg sangat bermanfaat bagi saya, akan saya coba agar puyuh saya dp bertelur memncapae 90 %, trima kasih

  20. joyslem@yahoo.co.id

    kapan sebaiknya puyuh di afkir ? mohon penjelasan, trimakasih

    • Sholehuddin Lanang Quail Farm

      ketika produktifitas menurun dan tidak mengksilkan income lagi pak, biasanya paling cepat umur 18 bulan

  21. Perbedaan jantan dan betina di lihat dari mana

    • Sholehuddin Lanang Quail Farm

      Final Stok hanya dibedakan dengan warna bulu,
      Hitam : Jantan
      Coklat : betina

      klo masih campur (GPS atau PS), dlihat dari warna dada, jantan kuning kemerah2an, betina bertotol

      • yg dmksud GPS dan PS apa yah mas kalo boleh tau ???
        kalo boleh tau pakan yg mudah d dpat untuk pemula seperti saya apa ya mas ??? terimakasih

        • Sholehuddin Lanang Quail Farm

          GPS (grand parent stok) : indukan penghasil PS
          PS (parent stok) : indukan penghasil FS
          FS (final stok) : puyuh keturunan terakhir dari crossbreeding (unggul).

          • Pak tanya : kalo GPS kan bisa ambil dari tempat lain salah satu indukannya (jantan/betina) supaya kawin silang. Kalau PS dihasilkan oleh GPS, karena kalau mau menghasilkan FS kan dilihat dari warna bulunya, ini yang saya tanyakan, apakah ini perkawinan sedarah mengingat PS yang jadi indukan adalah hasil perkawinan dari GPS? Sebab pernah dikatakan kalau perkawinan sedarah hasilnya nanti (FS) tidak bagus, Bagaimana ini cara menyikapinya, terima kasih

            • GPS ada 4 galur mas,
              anakannya PS jadi 2 galur, jadi g mungkin sedaraha
              ato mudah ilustrasinya
              GPS punya 4 kluarga, kluarga A , kluarga B, kluarga C, kluarga D, yg ke empatnya tidak sedarah
              A nikah ma B, C nikah ma D
              anakanya PS AB dan PS CD
              klo dinikahkan kan g sedarah mas?

  22. Mohamad Yogi Ramdani

    kalau burung puyuhnya FS atau puyuh keturunan terakhir itu hasil telurnya sama gak,, dan sampai umur berapa puyuh terakhir bertelur , maksudnya tidak bertelur lagi ?

  23. Ping-balik: green-franchise.net » Blog Archive » Panduan Cara Beternak Puyuh dan Cara Memaksimalkan Produktivitas

  24. Numpang tanya , sy pny puyuh skitar 1700 uda 3mingguan tp tlurny mentok g nambah cuma 1400, , . Apkah itu sdah maksimal pdahal target saya 1500 , , mhon pnjelasanny agar bs mencapai angka itu.

  25. assalmualaikum gan sya baru cba trnak puyuh mohon panduane pemberian vitamin ato vaksin brp hr skali

  26. Ping-balik: puyuh lembok sakti | Blog

  27. Mohon Info klo Pake Kandang Dari Besi Siku Bagus Gag Ea….? Makasih

  28. numpang nanya pak sy peternak dri tanggrang
    mengenai lampu sbrpa penting si pak untuk msa peroduksi
    soalya kndng sy di tengah swah dan kl mlam tdak ada penerangn sma skli
    permslahanya pyuh sya blm bs maksimal hsil telorya dlm umur 2blm mhon bimbingan nyakp

  29. assalamu’alaikum wrwb. adakah group peternak puyuh yang rutin dapat penyuluhan langsung, kalo ada bgmn cara gabungnya

  30. Saya masih bingung di bagian kandangnya itu

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s