Puyuh Umur 50 Hari Kok Belum Bertelur. Bagaimana ini?

Mencoba mengenang kembali bagaimana pada awal beternak puyuh, kali pertama telur puyuh muncul, rasanya senang sekali. Setelah itu kemudian telur puyuhnya muncul dan muncul terus. Rasa senangnya juga terus menerus. Dan bersyukur.

Seperti yang biasa saya alami. Biasanya paling lambat pada umuran 45 hari si puyuh sudah mulai bertelur. Namun, ternyata ada juga yang mengalami, sampai puyuh umur 50 hari kok belum bertelur sama sekali. Bagaimana ini?

Beruntung sekali ada pengunjung yang berkenan menjelaskan akan hal ini, yang kemudian saya jadikan postingan.

Demikian Bp Puyuh Jepang memberikan pendapatnya:

Mengomentari puyuh 50 hari belum bertelur:

Masih wajar puyuh 50 hari belum bertelur. Saya punya diagnosa begini:

Karena body weight puyuh tersebut belum mencapai normal, hal ini pasti asupan makanan yang kurang atau mungkin salah.

Normalnya sexual maturity puyuh umur 45 hari diikuti body maturity 60-70hr.

Artinya puyuh akan bertelur lebih awal sedang tubuhnya masih berkembang tumbuh.

Hal lampu or cahaya sangat berpengaruh pada perkembangan follicle puyuh. Intensitas cahaya akan diterima mata and dikirim ke hypotalamus/hypofisa, kemudian dikirim ke ovary, ovary akan menterjemahkan dengan menerbit beberapa hormon yakni FSH (Follicle stimulating hormon) dan LH.(Leutinizing Hormon). FSH merangsang pembentukan folikel telur dan LH mematangkannya, kemudian terjadi ovulasi selama kurang lebih 24 jam jadi lah sebutir telur. gitu.

Cahaya yg dibutuhkan adalah intensitasnya, dapat diukur luxmeter, sedang lamanya cahaya diperlukan paling tidak 14-16 jam/hari. Indonesia dengan natural daylight (siang) kurang lebih 12 jam maka diperlukan cahaya tambahan (lampu) sekitar 2- 4 jam/hari. kesimpulan: cahaya tambahan cahaya lampu pokoknya merangsang pembentukan telur secara hormonal gitu. mohon maaf kalau ada KESALAHAN. thank.

- – - – -

About these ads

6 responses to “Puyuh Umur 50 Hari Kok Belum Bertelur. Bagaimana ini?

  1. @puyuh jepang
    ada cerita dari peternakan pembibitan teman di daerah jember.
    beliau mengatakan bahwasanya puyuh dipeternakan beliau diberi pakan ayam pedaging (starter) hingga berumur 50-60 hari / sampai umur 2 bulan.
    katanya hasilnya lebih bagus dari pemberian pakan starter yg umunya hingga masa grower 21-42 hari.

    di peternakan saya sendiri jika memakai merek ternama seperti pokphan yang katanya kualitasnya paling bagus hanya diberikan hingga 21 hari, sedangkan untuk merek lain hingga 30 hari. kemudian dilanjutkan dengan pakan puyuh petelur.

    bagaimana bpk puyuh jepang mengomentarinya?

    THANKS.

  2. @Mas Sholehuddin.
    Mungkin Bp Puyuh Jepang belum mengetahui kalau komentar beliau ini saya jadikan postingan.

  3. puyuh saya umur 38 hari sdh ada yang bertelur satu ekor dari populasi 800 ekor pada umur pada umur 39 hari adh ada 4 ekor yang bertelur,mohon dijelaskan

  4. dikota saya blm ada yang jual pakan puyuh yang sdh jadi alias komplit buatan pabrik yang ada hanya kosentrat dan bahan bahan lainya seprti jagung dan katul.saya mohon resep untuk campuran kosentrat+jagung+katul diikuti dengan produksi yang baik

  5. ternak puyuh saya buluhnya pada rontok dan lama kelamaan ternak saya buluhnya hampir habis,mohon solusinya teman-teman pecinta puyuh,ibnu mas’ud sultra

  6. apa burung puyuh tahan penyakit. makasih

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s