Cara Menentukan Puyuh Jantan dan Betina pada Umur 1 Hari Saat Menetas

Menentukan jenis kelamin puyuh pada umur satu tentu sangatlah penting. Untuk nanti dipilah mana puyuh betina untuk petelur, dan yang puyuh jantan. Beberapa diskusi di komentar-komentar mengenai hal ini sangatlah menarik untuk disimak. Bahkan untuk saya malah semakin menegaskan saya sebagai peternak puyuh.

Mengenai cara menentukan jenis kelamin ini, saya ambil dari komentar Bp Puyuh Jepang.
Sebagai berikut:

BAGAIMANA SEBENARNYA MENENTUKAN JENIS KELAMIN
PUYUH UMUR SATU HARI SAAT MENETAS ???????

Mitos bahwa bulu hitam puyuh berkelamin jantan bisa diterangkan secara logis dan ilmiah. Zat pewarna rambut/bulu disebut sebagai melanin. Senyawa itu diproduksi di bagian pangkal rambut/bulu yang terpendam dalam lapisan epidermis kulit.

Berdasarkan sifat kimianya, melanin dibedakan menjadi dua macam. Yaitu eumelanin dan phaeomelanin. Eumelanin berbentuk bola, mampu menyerap banyak cahaya serta bertugas memberi warna hitam rambut/bulu.

Sedangkan phaeomelanin wujudnya memanjang, bersifat memantulkan cahaya dan berkewajiban memberi warna merah, jingga atau kuning pada rambut/bulu. Kandungan melanin dalam jaringan rambut diatur oleh materi yang bernaman gen. Benda tak kasat mata ini mengatur kerja enzim yang bertugas mensintesis melanin. Warna bulu hitam ditentukan oleh sebuah gen dominan yang disimbolkan dengan abjad “H” (hitam).

Gen tersebut selalu terpaut dengan kromosom Z. Sedangkan warna bulu cokelat adalah bentuk resesif dari warna Hitam “h”. Kromosom W yang bertugas menentukan jenis kelamin jantan tidak bersifat membawa terhadap gen H maupun h tadi.

Dalam keadaan normal, puyuh jepang bersifat diploid (2n) ada 78 kromosom. Artinya sel tubuh (somatis) mahluk hidup itu memiliki 38 sepasang kromosom. Sedangkan sel kelamin (seksual) hanya memiliki 1 pasang kromosom (Z) atau (W) alias haploid (n). Jenis kelamin diatur oleh sepasang kromosom sex. Individu jantan punya sepasang kromosom Z (Z Z) disebut individu homogametik. Sedangkan individu betina memiliki dua jenis kromosom Z dan W (Z W) disebut individu heterogametik.

Pada saat pembentukan sel kelamin, pasangan kromosom tersebut saling memisahkan diri. Peristiwa seperti ini disebut sebagai meiosis.

Seekor puyuh jantan berbulu hitam jika ia memiliki 2 buah kromosom (pasangan gen) Z, 1 buah alel H dan 1 buah alel h bisa juga 2 buah alel H. Jika alel-alel tersebut dirangkai maka akan membentuk sebuah gen heterozigot dengan rumus (ZH Zh) dan homozigot (ZH ZH). Sedangkan seekor puyuh jepang memiliki genotype Zh Zh (homozigot resesif) berarti jantan bulu cokelat. Puyuh betina berwarna bulu hitam memiliki rumus genotype ZH W dan berbulu cokelat dengan genotype Zh W.

Jika Anda ingin menginginkan puyuh jantan hitam dan betina cokelat, resepnya gampang koq. Anda tinggal menyilangkan puyuh betina berbulu hitam (ZH W) dengan puyuh jantan berbulu cokelat (Zh Zh). persilangan sebagai berikut:

Induk : Puyuh Jantan cokelat Puyuh Betina Hitam
Zh Zh X ZH W

Anak : ZH Zh = Jantan hitam
Zh W = Betina Cokelat

Kesimpulan : dapat dibedakan jantan dan betina saat menetas

Jika perkawinan lain akan didapat sebagai berikut:

Induk : Puyuh Jantan cokelat Puyuh Betina cokelat
Zh Zh X Zh W

Anak : Zh Zh = Jantan cokelat
Zh W = Betina Cokelat

Kesimpulan : tidak dapat dibedakan jantan dan betina semua berbulu cokelat

Jika perkawinan lain akan didapat sebagai berikut:
Induk : Puyuh Jantan hitam Puyuh Betina cokelat
ZH Zh X Zh W

Anak : Zh Zh = Jantan cokelat
ZH Zh = Jantan Hitam
Zh W = Betina Cokelat
ZH W = Betina Hitam

Kesimpulan : tidak dapat dibedakan jantan dan betina. Bulu cokelat ada jantan dan betina, bulu hitam ada jantan dan betina.
Phenomena ini disebut adanya gen atau pasangan gen yang terpaut seks kromosom, hal ini bisa terjadi pada ayam ras, ayam arab dan ayam barred Plymouth rock. Kurang Jelas hubungi 02140236855. sekian dulu terima kasih kelak kita sambung lagi.

About these ads

14 responses to “Cara Menentukan Puyuh Jantan dan Betina pada Umur 1 Hari Saat Menetas

  1. apakah bila kita membeli bibit disini, bisa menjamin, bahwa semua yang kita beli adalah betina.

  2. Apakah perkawinan ini dengan sedarah apa tidak? katanya kalau sedarah nanti hasil keturunannya tidak bagus.. terus bagaimana cara mengatur perkawinan ini secara silang, mengingat saya ambil indukan dari milik sendiri, sebab induk jantan coklat atau betina hitam tidak pernah saya dapatkan dari tempat lain, yang ada cuma induk jantan hitam dan betina coklat, sekian terima kasih

  3. Tarmizismhn678@gmail.com

    Jika ayam bisa kita liat jantan atau betina sejak umur 1 hari ,,,,
    dengan melihat bentuk pantat yang berbeda.
    Jantan memiliki Garis sebelah ujung ekor,,,, sedang yang betina berbentuk bulat sempurna.
    Coba dilihat untuk puyuh mungkin tak jauh beda asal sedikit teliti.

  4. masih belum bisa dimengerti. ada cara lain?? kalo bisa pake bahasa awam.

  5. assalamualaikum wr. wb.
    mau bertanya pada bapak Puyuh Jepang..
    apakah perkawinan yang pertama…antara
    Puyuh Jantan (Coklat) x Puyuh Betina (Hitam) itu PASTI menghasilkan keturunan Puyuh Jantan (Hitam) dan Puyuh Betina (Coklat) ???dan apakah itu berlaku umum??tidakkah memiliki syarat2 khusus bapak??
    mohon pencerahannya…
    terimakasih
    wassalamualaikum wr. wb

  6. pak, gmana cra mengatasi pola mkn puyuh yg suka ngacak2 mkanany,dngn patukny,yg membuat makanan sbaian trbuang! makash!

  7. Pake ram kawat aza teh maya di tempat pakannya

  8. ciri ciri puyuh jantan dan betina itu bisa dibedakan sejak kapan dan bisa ketahuan jantan atau betinanya dilihat dari apa?mohon kerja samanya.trima kasih

  9. usia 45hari sudah kliatan jenis klaminya.kalo jantan liat atas anus (jawa:brutu) kalo besar dan di pencet kluar busa dari anus berarti puyuh jantan

  10. ass>>> kang,,,mhon maaf minta bimbingannya,,,bagaimanakah cara mengetahui jantan atau betina pada burung puyuh pada saat 1 hari setelah menetas? terima kasih.

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s