Kapan Jadwal Pemberian Pakan Burung Puyuh Petelur yang Tepat?

Salah satu aktivitas rutin dalam beternak burung puyuh petelur adalah pemberian pakan. Postingan kali ini, terutama pada burung puyuh yang sudah naik kandang. Dimana rata-rata umur naik kandang sekitar 25 – 30 hari. Bahkan ada yang 20 hari.

Sejak umur tersebut, pakan yang diberikan pada burung puyuh petelur adalah pakan teluran ( LAYER ).
Bagaimana jadwal pemberian pakan LAYER?

Jadwal pemberian pakan pada burung puyuh petelur, sedikit banyak berpengaruh juga terhadap produktivitas dalam bertelur. Walaupun secara pokok, jumlah standar kebutuhan pakan per-ekor per-hari 22-23 gram tetaplah yang lebih menentukan.

Jadwal pemberian pakan pada puyuh, tergantung pada model / bentuk / disain kandang puyuh. Otomatis akan menentukan juga pada model wadah pakan puyuh yang menjadi asesoris wajib sebuah kandang.
Ada yang terbuat dari triplek berbentuk kotak dan segitiga, biasanya dipasang di samping kiri dan kanan kandang. Ada yang memakai pralon, dipasang di depan, ada juga yang di belakang.
Hampir sama sifatnya dengan pralon, ada juga wadah pakan puyuh berbahan bambu, biasanya bambu petung yang dihilangkan batas ruasnya (ros-rosan).

Dari berbagai macam model wadah pakan puyuh tersebut, menjadikan jadwal pemberian pakan juga berbeda-beda. Tergantung muatan dari masing-masing model. Ada yang jadwalnya 3x pagi siang sore (malam), 2x pagi dan sore (malam), 1x pagi saja, atau 1x sore (malam) saja.
Untuk yang satu kali, biasa pada model wadah pakan puyuh yang dari triplek.

Saya sendiri tidak paham kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jadwal pemberian pakan puyuh tersebut. Kelebihan dan kekurangan terhadap peternaknya, maupun untuk burung puyuh piaraannya.

Yang jelas, mau berapa kali pun pemberian pakan, tidak lepas dari standar kebutuhan burung puyuh petelur per-ekor per-hari, yaitu sekitar 22-23 gram.
Namun ada satu hal yang sempat menjadi perhatian. Tentang pemberian pakan jadwal yang dua kali, pagi dan sore (malam). Sepertinya pada jadwal pagi, lebih pagi lebih bagus. Dengan pertimbangan, pada waktu pagi, burung puyuh lebih lama “puasa”nya. Dihitung sejak jadwal sore sampai semalaman. Entah analisa ilmiahnya bagaimana, tapi jika mruput / gasik, menekan angka kematian dan hasil produksi telur lebih optimal. Hanya perkiraan saya ya . . .

Demikian… Dan selamat beternak puyuh…

Salam sejahtera Indonesia…

About these ads

80 responses to “Kapan Jadwal Pemberian Pakan Burung Puyuh Petelur yang Tepat?

  1. ass.mas merek apa saja dari pakan puyuh yang palig epektif untuk meningkatka telur puh

    • pd dasarnya semua pakan pabrikan semuanya bagus,cman mungkin karna setiap pakan membawa karakter tersendiri terbadap si burung puyuh dlm beradaptasi dg lingkungan kita musti melakukan risert karakter pakan mna yg co2k untuk daerah kita masing2,artinya beda daerah beda pula pakan yg co2k mengingat kondisi lingkungan yg beda pula

      bahkan dlm satu daerah dgn sistim perkandangan yg beda akan beda pula hasil yg akan kita dapat meskipun dg pakan yg sama.

  2. mas tolong jelaskan

  3. bisa coba BP 104

  4. makan 2 x sehari apa gak kelaparan tuh puyuh, saya 3 x sehari . . . sekarang pakan udah mahal banget, dan harga telur anjlok

  5. apa ada yg menyediakan bibit puyuh petelur di daerah mojokerto,,, tolong hub saya d’ 083849402324,, trimakasih.., irvan

  6. DI DAERAH KUNINGAN, BIBIT PUYUH PETELUR DIMANA YA???

  7. mas, bisa gak kasi tau mrek2 pakan sekaligus harganya?

  8. cara menentukan puyuh yg gk bertelur gmn ya?

  9. Numpang tny , , puyuh sy ad skitar 110 ekor, stlh 40 hr mulai brtelur smpe 3minggu kdang brtelur 750 – 800 kt org itu blm maksimal, yg jd pertanyaan knapa sdh 3minggu tp tlurny g nambah2 mentok plg 800 , , mhon pncerahanny

  10. saya mempunyai kandang puyuh yg terpisah – pisah,yang menjadi permasalahan nya,produksi telur yang tidak merata,ada yang bertelur 1-5 bitir,jadi apa permasalahan nya kenapa kok bisa begitu bos..
    terimakasih.

  11. andikrangga97@gmail.com

    mantap

  12. andikrangga97@gmail.com

    sy mau tanya bos,,,,,biar kotoran puyuh tetap kering gimana solusinya ya bos….makasih

  13. kebetulan sy baru 1bulan nernak puyuh,,

  14. kebetulan sy baru 1bulan nernak puyuh,,jadi sy sangat kurang tau cara nernak puyuh yg baik..
    lokasi kandang sy dipersawahan,,yg sy pelihara baru 500 ekor..
    sudah bertelur,,yg sy ingin tanyakan kepda bapak”..
    1.sebaiknya puyuh dikasih makan 3x sehari atau 2x sehari ?
    2. pakanny apakah bagus dikasih dedaq dan dicampurkan dengan butiran ?
    3.jika puyuh stres apa yg harus kita lakukan ?
    mohon infonya ya,,maaf jika pertanyaan sy kurang dipahami..

  15. puyuh saya mandul gmna itu??

  16. kenapa burung puyuh saya produksi telurnya berkurang apakah pejantannya kurang agresif atau karena makanannya saya campur pake jagung pecahan ? padahal saya sudah kasi makan 3 x sehari

  17. saya mau tanya
    karna pakan pabrik terlalu mahal
    apakah ada pakan yg d bikin sendiri…
    campurannya apa aja…

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s