Beternak Puyuh : Sebaiknya Mulai dari Bibit Umur 1 Hari atau yang Siap Telur ?

Kepinginnya sih posting posting dan terus posting. Tentu untuk mengisi blog ini berbagai cerita mengenai puyuh dari A sampai Z, dari cerita global sampai yang mendetil. Tapi waktu dan kesempatan juga lah yang beberapa waktu akhir ini lumayan membatasi. Padahal sebenarnya banyak dan sangat banyak sekali yang ngendon di pikiran ingin secepatnya ditulis. Tidak mengapa lah, saktekane wae . .

Pada postingan kali ini ingin saya membahas mengenai memulai beternak puyuh, sebaiknya dari sejak DOQ bibit puyuh umur 1 hari atau yang sudah siap bertelur ? Sebenarnya ada satu lagi, yaitu yang sudah siap naik kandang (umur sekitar 25 – hari ). Tapi ditekankan pada yang dua itu saja.

Agar lebih memperjelas pembahasan, di sini terbagi atas KEKURANGAN dan KELEBIHAN dari keduanya. Sekalian bisa dipakai sebagai bahan perbandingan. Soalnya walaupun saya peternak kemitraan yang taunya bibit puyuh itu ya sejak dari masih umur 1 hari, namun saya pernah juga “membeli” dari peternak lain berupa puyuh yang sudah siap telur. (Tapi sebelumnya saya mohon masukan apabila ada kesalahan pembahasan, dan juga masukan apabila ada yang berkenan memberi tambahan informasi – karena postingan ini tanpa editing dan ditulis mendadak )

Kelebihan Memelihara Bibit Puyuh Sejak dari Umur 1 Hari.

*       Lebih irit modal.

*       Pakan bisa lebih jelas terjaga sesuai standar.

*       Perkembangan puyuh bisa lebih terawasi.

*       Perawatan selama pembesaran lebih intens.

 

Kekurangan Memelihara Bibit Puyuh Sejak dari Umur 1 Hari.

*       Repot dan harus teliti / telaten.

*       Membutuhkan waktu lebih lama.

*       Resiko tinggi terutama kematian apabila ada hambatan semacam mati listrik, dll.

Kelebihan Memelihara  Puyuh  Siap Telur

*       Lebih cepat  menghasilkan (tidak menunggu lama)

*       Tidak repot dalam pembesaran

*       Tidak ada resiko kematian massal karena hambatan pemanasan, dll

Kekurangan Memelihara Puyuh Siap Telur 

*       Tidak tau pemberian pakan telah standar atau tidak

*       Resiko produksi kurang maksimal

*       Modal lebih banyak

Demikian semoga bermanfaat.

42 responses to “Beternak Puyuh : Sebaiknya Mulai dari Bibit Umur 1 Hari atau yang Siap Telur ?

  1. tulisan yg sangat bermanfaat…terima kasih.
    sedkit tambahan cerita pengalaman pribadi.kekurangan membeli puyuh yg siap telur adalah susah mencari mitra yg benar2 jujur dan yg takut pada Allah.sy pernah langsung beli yg siap telur untuk 3000 ekor,awalnya lancar dan tak ada kendala.setelah ada tambahan modal dg keluarga,akhirnya order 6000 sekaligus,tp hasilnya sungguh sangat mengecewakan.sdh 2 bulan sejak pembelian blm berproduksi secara maksimal padahal sy beli yg umur 30 hari (katanya). tanpa bermaksud suudzon pd mitra,tp dari fisik puyuh dan produksinya sangat kelihatan kalo saya “dibohongi”.hati-hati …..

    • terima kasih atas tambahan informasinya. demikian menjadi salah satu kelemahan membeli bibit puyuh yang sudah remaja. Kalau boleh saran, berkorban sedikit, untuk puyuh umur 30 hari setelah datang langsung diberi BR (Stater). Jaga-jaga saja siapa tau pembesarannya kurang memenuhi prosedur.
      Ah, tapi sudah memakai prosedur itu ya mas ? ? :)

  2. terima kasih sarannya….tp berkat ilmu yg mas tularkan lewat semua tulisan yg ada di blog ini maupun blog yg lama saya udah berani memelihara dari umur 1 hari…terima kasih.semoga jadi tambahan amal ibadah.

  3. maaf klo bleh tau yg di maksud pembesaran belum memenuhi prosedur itu yg bagaimana ya?

  4. Maaf mas….
    saya mau tanya…
    apakah puyuh petelur memerlukan perkawinan untuk menghasilkan telur? atau dengan memberikan pakan saja, sudah bisa menghasilkan telur?
    makasih mas…..

    • Silahkan, dengan senang hati . .

      Hanya dengan pakan saja sudah menghasilkan telur.
      Bahkan rata-rata peternak, jika ada yang jantan, biasanya disingkirkan karena tidak produktif.

      Makasih sama-sama . .

  5. makasih ya mas jawabannya…

    mau tanya lagi nih mas… gpp kan mas,… hehehehe….
    di tempat saya tinggal di daerah yang cuacanya lumayan panas mas…
    kira” suhu tempat tinggal saya 35 derarjat Celcius…. apakah tempat tinggal saya normal untuk ternak puyuh mulai dari umur 0 sampai afkir?
    apakah terlalu panas atau sedang?
    makasih mas/…..

    • Makasih sama-sama. Saya malah seneng banyak ditanya, kalo saya bisa tentu akan saya jawab sebisa saya.

      Suhu 35 derajat ? Apa di daerah / kota deket pantai ya mas ?

      Saya kira tidak masalah ya, mas. Mungkin yang harus lebih diperhatikan tentang menjaga minumnya. Dan lebih baiknya saya kira menghindari air minum yang mengandung garam.

      Jika sudah memulai beternak, saya mohon berbagi pengalamannya ya mas. Siapa tau ada yang membutuhkan informasi. Makasih sebelumnya . .

  6. salam kenal mas…saya sangat baru sekali mau trnak puyuh….dn ngga tahu apa2,cuman saya senang tuk coba pelihara puyuh…krna saya hobi pelihara yng ungas2an.lagipulah kayaknya trnk puyuh lumayan bisa tuk isi kntong ehehehe…..skrng masalahnya lksi yng mau saya pake tuk trnk puyuh itu d kebn yang ngga ada listrik tapi sya mau cba trnk yng dari umur 1hri.mas bisa kasi tau carnya gmna ya…spya agr bsa sukseslah??

  7. mau tanya mas.. Sy tinggal d daerah bdg. Kira2 ada ga y? Peternakan puyuh d daerah sy_ klo ada sy minta alamatnya.

    • Terima kasih kunjungannya . .
      Mudah2an ada yang berkenan berbagi informasi untuk peternakan puyuh di daerah Bandung via blog sederhana ini.

      Kalau saya tidak paham, mas.

      Trima kasih sama-sama . .

  8. duh maaf mas bru bls soalnya bru trn dri kampung maklum ngga ada listrik klo di kampung ehehehe…….sya di daerh sulatra tptnya d aceh.oh gitu ya klo gitu sya tnngu postingannya mas yaaa…..makasi bnyak ya mas…

  9. maff mas saya boleh tanya nggak,..??kalo beternak di dalam ruangan,samping rumah bisa nggak ya,..??tu tmptnya di pertengahan kampung,

    • silahkan, mas . . Beternak di dalam ruangan dan samping rumah ? ? Oke saja mas untuk ternak puyuh, tidak masalah. Tapi harus memperhatikan pengelolaan pembuangan kotoran dan kebersihan lingkungan. Kalau bisa pembersihan kotoran paling lama tiap 3 hari sekali dan dibuang jauh-jauh dari lokasi ternak.
      Demikian semoga bermanfaat.

  10. mas saya baru mau memulai ussaha ternak puyuh……kira2 berapa ya kebutuhan modalnya jika kita memulai dengan 1000 ekor puyuh siap betelur?
    ?

    • Jika dihitung dari mulai puyuh siap telur, upamanya harganya per-ekor Rp 4500. Berarti untuk modal puyuhnya untk 1rb : 4,5jt.

      Katakan modal kandang 1,5jt.
      Ditambah rumah induk sederhana 2jt.
      Alat, sarana, listrik 2jt.

      Untuk angkatan periode pertama ditambah 500rb tidak terduga, total membutuhkan modal sekitar Rp 9jt-10jt.
      Bisa lebih hemat. Dimana saya hitung mahal, ternyata modalnya lebih murah. Daripada saya hitung murah, ternyata habisnya jauh lebih banyak.

      Pakan modal pertama, sudah termasuk dalam total tadi.

      Trima kasih kunjungannya.

  11. Mau tanya Mas, kalau daerah Magelang untuk beli bibit dimana ya..??
    trims

  12. mas mautanya,kenepa puyuh yang waktu saya beli udah bertelur,sekarang berhenti bertelur.padahal saya beli dari peternak dengan pakan yang dia berikan.

    • Banyak faktor penyebabnya, Mas. Bisa dari pakan, lampu penerang, kondisi puyuh, lingkungan, dll.
      Dicoba salah satu dahulu, yaitu tentang pakan. Sementara jangan mempertimbangkan keuntungan terlebih dahulu. Beri patokan standar pakan dengan 23 gram per-ekor perhari. Melihat dalam satu minggu bagaimana hasilnya.

      Maaf, saya jawab sebisanya. Semoga bermanfaat.
      Salam semangat.Dicoba salah satu dahulu, yaitu tentang pakan. Sementara jangan mempertimbangkan keuntungan terlebih dahulu. Beri patokan standar pakan dengan 23 gram per-ekor perhari. Melihat dalam satu minggu bagaimana hasilnya.

      Maaf, saya jawab sebisanya. Semoga bermanfaat.
      Salam semangat.

  13. pertama saya beli puyuh yang siap bertelur,tapi tidak juga bertelur.akhirnya ditukar sama yang sudah bertelur,tapi hanya dua harian bertelur tapi smpai seminggu belum bertelur lagi padahal pakan yang saya berikan pakan yang sama.apa mungkin puyuh saya setres atau karena tidak dikasih penerangan pada malam hari.dan akhirnya saya mencoba menetaskan telur sendiri dari telur yang dibeli dari peternak.tapi tadinya saya menginginkan pengembangan dari hasil telur sendiri.supaya biaya pembibitan lebih murah.dan kebetulan mengenai penetasan alhamdulillah bisa bikin sendiri meskipun kapasitas 500 telur.dan bagi yang ingin mencoba membuat alat sensor otomatis dan termometer digitalditambah pemanas cukup dengan biaya sedikit bisa dibuat dan lumayan hasilnya bisa mencapai 90%(biaya pemanas Rp 5000 untuk elmen dan temometer dengan kontroler kurang dari Rp 75000.)nah ini sebagian pengalaman saya mas.sebelumnya saya uacap kan terimakasih dan ditunggu jawabannya?

  14. maaf mas arief mau tanya,..
    saya baru ingin beternak puyuh, mau tanya apakah telur yang dihasilkan bisa untuk di tetas kan memakai mesin penetas telur?
    mohon infonya!
    terima kasih

  15. Ping-balik: Teknik Beternak Puyuh [Mulainya Bagaimana?] | [PUYUH JAYA]

  16. kalau analisa usahanya gimana ya mas, sampai berapa bulan untuk BEP ? mohon pencerahannya

  17. KEMITRAAN KAMI ” ASQAHARI PUYUH CIANJUR ”
    info pemesanan :

    an. ” Qalam ”
    xl.087720024002
    simpati.082126460480


    Lokasi di CIANJUR jawa barat….

    ” Menerima pesanan “:
    > Paket skala kecil
    >skala menengah
    >skala besar

    barang yang di tawarkan :

    telor konsumsi Rp.220/butir
    daging puyuh konsumsi Rp.3500/ekor
    puyuh petelor us.31hari RP.10.000/ekor (bergaransi kematian 20hari)
    telor tetas Rp.1000/butir

    ” harga di atas belum termasuk ongkos kirim “

  18. breeding puyuh ingin menawarkan bibit puyuh dan pulet puyuh(petelur) dan perent stock (indukan telur tetas) aman bebas coresa/snot.Hub:pras 087739384062 siap dikirim dlm partai besar

  19. mas dimana saya bisa beli bibit puyuh? saya tinggal di Probolinggo. thanks.

  20. bgmn cra mningktkan produksi telur hingga 80%?

  21. milla rossa
    mas mw nanya dimana pembilian bibit puyuh >dan penampungan telur+daging?
    disini saya da di klaten??

  22. terimakash buat blog nya mas…smga nantinya bisa membantu kmi yang ada di kepahiang-bengkulu untuk merintis usaha telur puyuhnya….mohon ifrmasi pemasaranny jika dalam skala besar mas….trmksh byak atas bantuannyaaaaa..wss. meri andaria

  23. saya pengen ternak puyuh kira2 brapa yah..

  24. Bpk puyuh yth……..
    Kebiasaan puyuh bertelur itu usia brp….?

  25. Thole Endut Jorsan

    Assalamualaikum…….saya Thole Endut Jorsan maw tanya bung…..saya asli ponorogo,sudah memelihara puyuh sudah sekitar 3 bulan yg lalu,sekarang sudah bertelor 650 butir dari i000 ekor.yg maw saya tanyakan…..itu termasuk lambat ataw normal……..?dan saya maw tanya lagi….kalo saya pingin membeli bibit puyuh yg usia i hari.tempat pembibitan paling dekat dari ponorogo mana ya bung…..? Trims….Thole Endut Jorsan

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

