Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur yang Ideal [miniatur] ini dia . . . . . .

Salam sejahtera

Yth para pecinta puyuh dan seluruh pengunjung dimanapun anda berada.
Posting kali ini saya menampilkan gambar miniatur kandang burung puyuh petelur yang ideal.Ideal dalam arti sesuai dengan fungsi sebagai kandang puyuh, praktis dalam merehab kandang, maupun ideal untuk pemeliharaan.

Sebenarnya ingin juga melanjutkan postingan yang lalu mengenai analisa usaha burung puyuh petelur, tapi belum ketemu rumus menghitungnya dan dari pertemuan kelompok tadi saya mendapat informasi mengenai un-predictiable harga telur puyuh untuk tahun 2011 ini. Mungkin di postingan selanjutnya akan saya bahas mengenai harga telur puyuh.

Kembali ke kandang ideal…..

Kandang burung puyuh petelur yang akan saya sajikan ini merupakan kreasi dari mas Wiwid PT Peksi Gunaraharja. namun kata beliau, model kreasi ini boleh di-share untuk dunia perpuyuhan di Indonesia dan dimanapun berada.

Kandang puyuh petelur ini berbahan kayu dan alas strimin. Mempunyai kelebihan yang menjadi andalan yaitu model alas slorok (bahasa jawa), saya tidak tau bahasa Indonesia-nya slorok itu apa. Yang jelas bukan slow rock.
Karena itu daripada saya sebut dengan kandang puyuh petelur model slorok, mending saya beri nama dengan kandang burung puyuh petelur yang ideal, karena dikreasikan oleh Mas Wiwid yang notabene merupakan bagian dalam dari PT Peksi Gunaraharja (pelopornya dunia perpuyuhan di Indonesia – katanya).

Untuk persiapan bahan dan biaya yang dibutuhkan, saya sendiri belum pernah membuat dan menggunakannya. Untuk saat ini saya masih memakai kandang yang model lama.
Jadi silahkan dinikmati terlebih dahulu gambar miniatur berikut ini :

Kandang burung puyuh yang ideal tersebut mempunyai ukuran demikian :

  • panjang : 120 cm
  • lebar dalam : 60 cm
  • tinggi : 180 cm

 

Sekedar dipahami, bahwa populasi ideal burung puyuh di dalam ruangan kandang batre adalah [panjangxlebar] / 222.

Sehingga untuk ukuran kandang seperti gambar tersebut, tiap ruangan idealnya diisi 35 ekor burung puyuh petelur. Baiklah barangkali berani saja diisi 40 ekor silahkan.

Patokan atau standar rumus [panjangxlebar] / 222 akan membawa kondisi yang ideal pula bagi kelanjutan pemeliharaan burung puyuh petelur, baik produktivitasnya, umur produktivitasnya, dan yang jelas ya kesehatannya. Biarpun akhirnya semuanya kembali pada perawatan.

Melihat pada miniatur tersebut, dibuat menjadi 4 (empat) tingkat. Namun permisif juga untuk dibuat menjadi 5 tingkat.
Karena saya sendiri belum pernah membikin dan memakainya, untuk tempat minum dan tempat makan bisa dimodifikasi bagaimana silahkan sesuai dengan keinginan masing-masing peternak.
Apabila dibikin menjadi 5 tingkat, berarti per-unit kandang bisa menampung 200 ekor burung puyuh petelur. Apabila memelihara 1000 ekor berarti membutuhkan 5 unit kandang. (bandingkan dengan gambar kandang puyuh petelur yang model bambu di postingan saya terdahulu => di sini http://ariefmas.wordpress.com/2011/06/17/model-kandang-burung-puyuh-petelur-serba-bambu/). Ukurannya mirip, hanya bahan saja yang berbeda, dan tentu untuk pemeliharaan kandang ke depannya juga berbeda.

Kelebihan yang diunggulkan untuk model desain kandang burung puyuh petelur yang ideal ini adalah mudah dan praktisnya bila merehab. Alas pijak burung puyuh petelur yang berupa strimin ini bisa dilorot (model slorok), sehingga apabila jangka panjangnya ada salah satu yang rusak, tidak perlu bongkar total kandang, tapi cukup dengan mengambil ( nglorot – bhs jawa) dan kemudian diperbaiki. Praktis kan ?

Silahkan diperhatikan lebih mendetil :

Bandingkan juga dengan model kandang yang sampai sekarang masih saya pakai di sini => http://ariefmas.wordpress.com/2011/06/13/gambar-kandang-burung-puyuh-petelur-facelift/

Demikian desain model kandang burung puyuh petelur yang baru tadi saya dapatkan gambarnya.

Semoga bermanfaat.

About these ads

112 responses to “Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur yang Ideal [miniatur] ini dia . . . . . .

  1. kalau cara menentukan puyuh jantan dan betina gimana caranya mass..

  2. BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI)

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: 085736927001.ku@gmail.com
    BERMINAT?

    HUB: +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA).

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lain.

  3. qlo satu tingkat diisi 45 ekor burung puyuh berarti pejantannya berapa ekor y….(bambangh2249@yahoo.com)

  4. gambar kandang mudah dipahami, dan praktis tapi dimana menaruh tempat pakan dan minum?

  5. dimana bisa cari bibitnya karena saya didaerah garut,jawabarat,tolong infonya.akan sangat berterima kasih sekali.

    • Ini nanti akan saya benahi lagi halaman ‘di sini bibit puyuh’, sehingga akan mempermudah pencarian informasi di berbagai daerah. Semoga ada yang berkenan berbagi informasi untuk kemanfaatan bersama.

  6. saya tertarik dengan berternak puyuh, apakah saya di serang – ciegon tidak kesulitan memasarkan telur puyuh

  7. oke ukuran kandang anda memang pas untuk ke praktisan dalam penggunaan tripek sebagai alas kotoran (triplek bisa dibagi 4) saya sudah dari tahun 1988 telah pakai sistim tersebut, tapi mohon maaf ada kelemahan dari photo2 yg anda lihatkan yaitu: kenapa alas kotoran dibuat datar, yg menyebabkan ruangan jadi sempit, toh kotoran tak akan turun seperti telor sebaiknya dibuat miring jaga seperti lantai kandang yg miring jua, wassalam

    • Terima kasih informasinya. Tidak masalah, Pak. Saya malah senang.
      Mengenai alas kotoran dibikin miring, menarik juga untuk dicoba. Kita yang masih pemula-pemula dalam perpuyuhan, sangat membutuhkan bimbingan dan masukan-masukan dari senior.
      Syukur-syukur jika berkenan berbagi foto kandang untuk saya pasang di blog sederhana ini. Siapa tau, bermanfaat juga untuk yang lainnya.

      Terima kasih kunjungan dan masukan-masukannya.

  8. Desain kandang menurut saya bagus, Cuma jika kita menggunakan dua pralon di depan, yang satu untuk pakan, yang satu untuk minum, kadang ketika kita menuang air minum, air tersebut tumpah ke pakan, apakah mas arief punya solusi untuk mengatasi hal tersebut. Tolong balas ya. tak tunggu lo mas

    • pakai niple saja lebih efektif dan efisien

    • Terima kasih informasinya, Bapak Komari.
      Lebih jelasnya mengenai niple, search saja dulu. Saya belum kenal dengan pemilik situs.
      Namun melihat bentuk dan teknis pemakaian niple, merupakan tempat minum puyuh yang ideal. Tidak dikhawatirkan kotor karena rontokan pakan, atau bahkan kotoran.

      Demikian juga terima kasih untuk Mbak Ponirah Sriani. Telah berkenan berkunjung dan mengapresiasi postingan.
      Sedangkan yang saya pakai sekarang, masih kandang yang model lama. Karena untuk merubah ke model lain, tentu membutuhkan biaya. Padahal kandang yang lama masih bagus. Memakai kayu mahoni.
      Adapun tempat minumnya, saya memakai galon 3 liter. Saya taruh di depan. Jika dimodifikasi, bisa juga ditaruh di samping.
      Pralon bisa dipakai untuk wadah pakan.
      Seperti pada postingan saya terdahulu Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur (facelift).

      Demikian, semoga menjadi inspirasi.

  9. Terima kasih atas balasannya, pakai niple wah ide itu bagus , tapi kira kira dimana carinnya, di Banyuwangi kayaknya gak ada tuh yang jual niple, turs kira-kira brapa harganya

  10. untuk niple hub. saya pak, saya disaerah jember, barang bisa langsung dikirim ke banyuangi
    harga satuan niple 15.000

  11. mas soleh, perkenalkan sy peternak dari Bwi selatan, niple yang mas tawarkan niple yang stenlis serta penampuingnya, trus pesanan paling sedikit berapa, harga segitu g bisa kurang to mas,

  12. mas harga segitu dah plus ongkos kirim, oh ya mas harga telur disitu berapa yah…… maksudku jika telur kita diambil oleh pedagang

    • belum termasuk ongkos kirim boss, harga disini masih 15rb-17rb boss, di peternakan saya ya, soalnya dipternakan lain ada yg samapi 13rb, soalnya blitar 10rb saja boss, banyuangi kan bisa lebih mahal seharusnya

  13. apakah dngan bertingkaty bgtu tdak mengganggu burung yang ada di bwah,..

    • memang jika dibandingkan dengan kandang batre, kandang susun cenderung lebih lembab di kotak bagian bawah dan lebih panas dibagian atas, bisa disiasati dengan meninggikan kaki rak, rata2 tinggi bisa 30-40cm dah bagus, kelebihannya rak kandang ini bisa menampung banyak puyuh di lahan sempit

    • Terima kasih Mas/Mbak Hervi atas apresiasinya.
      Terima kasih juga untuk Mas Sholehuddin atas keterangannya.

      Sepakat dengan yang telah disampaikan oleh Mas Sholehuddin.
      Sedikit menambah saja. Untuk atap masing-masing tingkat, kalo saya memakai kepang / anyaman bambu. Sehingga antar tingkat tidak saling mengganggu.
      Di permukaan kepang juga untuk meletakkan lemek / tampungan kotoran.

      Semoga bisa menjadi pertimbangan.

  14. ass… saya senang baca2 artikel puyuh mas arief… jadi byk tambahan ilmu… numpang tanya sekalian konsul boleh ya mas.. saya ada rencana memanfaatkan halaman belakang rumah, posisi rumah di pemukiman (komplek) kira2 bagus puyuh atau ayam kampung (kandang sistem battery). rencana 1. kalo puyuh coba pake yg uk. 2,5 X 60, kira2 muat berapa ekor puyuh ya? mau bikin kandang 1 dulu (maklum blm ada ilmunya.. baru belajar mohon bimbingan) kalo gambaran kandang contoh mas arief kayaknya bisa 2 kandang ya…. rencana 2. kalo ayam kampung saya coba pake uk kandang 7 X 3 mtr.. kandang battery… dgn kondisi kandang di halaman belakang kira2 bikin polusi udara gak? sirkulasi udara bagus.. posisi rumah blok saya lebih tinggi dari lingkungan sekitar.. matur nuwun.. mudah2 berkenan membimbing pemula yg blm ada ilmunya ini.. wss..

    • klo di perumahan lebih cocok pakai kandang susun seperti contoh diatas, karena kalu batre tingkat miring, kotoran cenderung bertumpuk dan mengakibatkan bau, makan tempat juga. klo melihat ukuran kandang ayam yg 7x3m, berarti halaman blkng rumah mbak lebih dari itu, unutk ukuran 7x3m bisa menampung 1.000-1.500 ekor puyuh, saya lebih meyarankan ke puyuh, karena ayam baunya lebih menengat dibandingkan puyuh dan perawatannya harus lebih ektra jika dibagun di koplek perumahan. dengan kandang boks susun seperti contoh diatas, kotoran bisa dibuang tiap hari atau paling lama 2 hari sekali. perawatannya juga gampang jika ingin menghindari bau.

    • Waalaikumsalam…, Mbak Nisa.
      Terima kasih atas apresiasinya. Sama-sama berlatih dan belajar, Mbak. Sebenar-benarnya saya juga masih ijo dalam bidang perpuyuhan. Untunglah ada yang berkenan berbagi informasi, sehingga saya juga bisa ikut belajar.

      Terima kasih juga untuk Mas Sholehuddin telah berkenan berbagi keterangan.

      Sepakat juga untuk keterangan dari Mas Sholehuddin. Apabila digunakan untuk beternak puyuh, melihat dari lingkungan, sepertinya lebih kondusif. Untuk jumlah populasi, telah disampaikan Mas Sholehuddin, ukuran demikian bisa menampung maksimal 1500 ekor. Terutama apabila memakai kandang yang sampai sekarang masih saya pakai dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Saya masih memakai kandang seperti ini: Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur [Facelift]
      Karena sayang kandangnya masih bagus :)

      Namun apabila di komplek perumahan, selain lebih bagus mempersering pembersihan kotoran, juga yang penting adalah dimana pembuangan kotoran. Sebab kalau hanya ditumpuk di sekitar rumah, walaupun di dalam sak/bagor, lebih-lebih jika terkena air (hujan), baunya akan sangat menyengat dan jelas mengganggu lingkungan.

      Walaupun tidak menutup kemungkinan juga bisa dipakai untuk beternak ayam kampung. Untuk ukuran 7×3 meter, terus terang saya lupa idealnya berapa populasi per-meter perseginya. Saya kira tidak jauh beda pada ayam kampung, dengan lebih sering menambahi sekam dan juga pembersihannya.

      Demikian sedikit tambahan dari saya. Semoga menjadi manfaat dan pertimbangan.

      Salam hangat dan selalu semangat.

  15. terima kasih mas sholeh & mas arief buat ilmunya… rencana buat mengurangi bau kotoran saya pake probiotik buat puyuh. kata salesnya sih bisa mengurangi bau kotoran.. kalo bibit puyuh untuk perjalanan purworejo – bandung mending milih yg masih doq atau yg siap telur mas.. o iya, kayaknya kalo piara 1000 – 1500 blm siap mentalnya mas.. rencananya mau coba belajar 200 – 300 dulu, soalnya kalo banyak2 blm paham pemasarannya juga. ini juga bibitnya ambil dari kampung.. nanti kalo ada kesulitan saya konsul lagi ya mas… matur nuwun sanget..

  16. tambahan mas.. kira2 gmn kalo kotorannya dibuang di belakangnya karena posisi halaman belakang tap 2. (masih ada tanah kosong yg lain & posisi lebih rendah dari lahan yg buat kandang) trus langsung bisa ke saluran pembuangan limbah rumah tangga (parit lebar 1 atau 1,5 meteran)

    • jika paritnya tidak muter2 perumahan dan skala kotoran sedikit jadi tiap buag bisa langsung melebur sama air tdk apa2, takutnya skala air sedikit / debit air paritnya kecil takutnya kotorannya nyangkut2 dan tertimbun, bisa menimbulakan bau berlebih, jika ada lahan lebih bisa di pendam/dikubur, bisa juga dibakar, asal bakarnya tengah malam, karena asapnya juga menyengat.

  17. terima kasih banyak mas sholeh.. jazakalloh khoiron katsiron ilmunya… bermanfaat sekali.. sekalian mohon doanya ya.. mudah2an berhasil beternak puyuh.. kmrn pas nyobain ayam soalnya lumayan berhasil… yg mati karena keteledoran sendiri.. pas diumbar ayam byk disambar kucing & lupa nyalain lampu pemanas.. maklum pak amatiran, banyak pelupa..

    • Terima kasih, Mbak Nisa. Saya juga masih belajar. Malah dari membuat blog ini, saya juga mendapatkan banyak sekali masukan.
      Tentu saya pribadi sangat mengharapkan Mbak Nisa mencapai keberhasilan, kesuksesan, dan rejeki yang barokah dari usaha puyuh.

      Untuk pengiriman Purworejo-Bandung, sepertinya sudah lengkap sekali disampaikan oleh Mas Sholehuddin yang sudah biasa mengirim bibit puyuh berbagai usia, bahkan telur untuk bibit juga menyediakan. Tentu sangat mafhum sekali dalam hal pengiriman.

      Untuk pembuangan kotoran ke parit. Sangat benar sekali apa yang telah disampaikan Mas Sholehuddin. Melihat dulu alur paritnya bagaimana. Jika hanya berputar di komplek perumahan, kemungkinan besar menimbulkan masalah. Tapi jika paritnya langsung untuk pengairan atau irigasi sawah dalam hal ini pertanian. Sepertinya malah menyenangkan yang bercocok tanam. Karena kotoran puyuh, di tempat saya saja, beberapa petani sudah memperbandingkan, bahkan ada yang cukup dengan kotoran puyuh saja tanpa pupuk pabrikan, hasilnya bagus juga. Namun memang belum ada riset resmi mengenai hal tersebut. Di tempat saya, kalau jadwal pembersihan kotoran, sudah banyak yang antri sak. Jadi kadang malah kotoran tidak sampai masuk ke tampungan pribadi.
      Kalo boleh mungkin nantinya menjadi inspirasi, coba kotoran puyuh ditawarkan ke bidang pertanian. Setelah ada yang membuktikan ‘kesaktian’ kotoran puyuh, bisa-bisa nanti pada antri :)

      Mudah-mudahan menjadi manfaat. Namun juga akan lebih mantap setelah belajar juga dari pengalaman.

      Salam hangat dan sukses selalu.

  18. saya mau menanyakan,untuk daerah cilegon banten tempat penjualan bibit,makanan nan penjualan telor nya di mana….terima kasih….

  19. menarik sekali tema ini. :))
    Sekedar berbagi, saya juga pake batre tingkat mirip gambar diatas. tapi ada beberapa perbedaan.
    Punya saya jarak antara penampung kotoran dengan strimin dasar batre agak tinggi, depan 20cm, belakang 24cm. Menurut pendapat saya, uap kotoran kurang baik untuk kesehatan puyuh, sehingga semakin jauh jarak puyuh dengan kotorannya akan makin sehat.

      • @Mas Sholehuddin.
        Wah, gimana pembersihannya?

        • saya pake papan dari karet talang yg di apit dengan bambu mas, kalau bersihakn kotorannya ya tinggal di tarik, trus kalau yg di dalam yg masih nyangkut pakai serpihan bambu,

        • pembersihan kotorannya 2 hari sekali mas, jika lagi semangatnya bisa tiap hari, namanya anak muda mas, klo lantai kotoran nya tinggi ntar malah malas membersihkan, biasanya malah nunggu numpuk dlu.

          ukuran kandang saya tingginya 190cm = 40cm kaki + (5 rak @ 30cm), tiap rak kan tinggi nya 30cm itu sudah termasuk 5cm kolong kotoran, jadi sejatinya tinggi tiap rak 25cm.

          dimensi rak 90cm x 60cm x 25cm.
          kenapa saya menggunakan ukuran panjang 90 cm? bukan dipaskan 100cm / 1 meter.

          karena kawat ram di daerah saya berukuran lebar 90cm, jadi tiap pembuatan kandang saya tidak pernah membuang kawat ram karena ukurannya menyesuaikan dengan ukuran kawat ram tersebut,

          • Terima kasih berbagi ceritanya, Mas Sholehuddin.
            Mengenai perkandangan memang variatif sekali ya…
            Tempat bagian penampungan kotoran, jika depan 5 cm, berarti yang belakang sekitar 8 cm ya tingginya?
            Mungkin menyesuaikan dengan kemiringan posisi strimin agar telurnya meluncur keluar. Mungkin begitu?

            Hehe.. Tempat saya pembersihannya tidak nurut sama petunjuk penyuluh dari PT. Katanya paling lama disarankan 3 hari maksimal. Tapi punya saya seminggu sekali.
            Alas kotoran memakai sak wadah pakan, diapit bambu juga, tapi dibikin lebar jadi 1 lembar. Sekedar penghematan saja. Toh kalo rusak, masih punya banyak stok.

            Di sini sama saja, Mas. Strimin yang saya pakai ukurannya juga 90 cm. Karena itu ruang dalamnya sekitar 75 cm. Yang 15 cm sisanya, untuk tempat telur selama belum diambil.

            Salam hangat selalu.

    • Terima kasih @Mas Punjung sudah menyempatkan berbagi.
      Ukuran 20 depan dan 24 belakang bisa jadi akan mengurangi efek uap dari kotoran. Sepakat untuk itu.
      Adapun untuk kandang ideal versi Mas Wiwid PT Peksi ini merupakan miniatur. Mungkin pelaksanaannya bisa mengacu pada ukuran milik Mas Punjung.

      Salam persahabatan.

  20. mas, mo ty nich. aq pemula ternak puyuh. untuk ransum campur gimana formulanya , mohon informasi . trims sebelumnya

  21. Sepertinya utk kandang miniature ini cocok buat usaha kecil2an dperumahan ,saya tertarik mas tp Utk daerah bnjarbaru,kalsel cr bibit puyuh petelur dimana ya mas.mohon infonya.
    Thank’s mas arief

  22. apa ada yang menjual bibit puyuh petelur dimakassar?

    • silahkan hub.i saya pak, kami mengirim ke seluruh pelosok Indonesia
      kakak saya ada dimakassar, di jalan tidung
      ortu saya ada di perum Btn Nusa Indah Gowa.
      hub.i saya di:
      085274110011

  23. ass… mas2 pakar perpuyuhan… ada solusi gak buat kandang doq sekaligus sampai periode bertelurnya… mo coba yg dari doq soalnya.. kalo 2 kandang ribet je mas.. matur nuwun.. wss..

    • Wlkmslm… Saya bukan pakar, tapi akan coba menanggapi.
      Ada teman saya pernah seperti itu. Hasilnya malah lebih ribet, Mbak.
      Sebenarnya bisa saja, walaupun setingannya sebenarnya beda.
      Dalam prakteknya, rasanya lebih ringkes yang kandang pembesaran tersendiri.

      Matur nuwun sami-sami

  24. sip infonya,berarti kandang py sy masih ketinggalan nih..

  25. sy dari dulu minat banget mau budidaya burung puyuh yang petelor, cuma kendalanya sy gk tau mana puyuh jantan dan indukan tlg mas minta infonya trus klo di daerah cikampek beli bibitnya di mana ? kira kira harga bibitnya berapa ?thank mas sebelumnya

  26. Info pemesanan
    sms : xl.087720024002
    simpati.082126460480
    m3.085794136700
    ( Qalamul sidiq )

    KAMI MENJUAL:

    … telur puyuh konsumsi Rp 230/butir
    telur puyuh tetas Rp 1000/butir
    daging puyuh konsumsi Rp 4000/ekor
    puyuh petelur Rp 10.500/ekor
    puyuh jantan Rp 6000/ekor

    BIBIT UNGGUL untuk petelur tetas :
    betina Rp 29.000/ekor
    jantan Rp 15.000/ekor
    mesin tetas semi otomatis kapasitas 600butir telor Rp 1,8juta

  27. kok mahal harga burung puyuhnya tapi kalau di purworejo ja-teng doq umur 1 mgg Rp 1750/ ekr siap telor Rp 5.500.-
    daging konsumsi Rp.2300/ekr

    • Betul, Pak. Terhitung murah sekali itu.
      Hingga kini sepertinya belum ada standar harga. Masing-masing daerah dan peternak mempunyai standar tersendiri.
      Terima kasih informasinya.

  28. UKURAN KANDANG DI ATAS MUAT BERAPA EKOR PUYUH?

  29. Kami kemitraan peternakan puyuh ASQAHARI cianjur
    GRATIS pembinaan sampai bisa,apa bila anda berminat bergabung dengan kemitraan kami.

    info pemesanan :
    an.Qalam
    xl.087720024002
    simpati.082126460480

    Lokasi di CIANJUR jawa barat….
    ” Menerima pesanan “:
    > Paket skala kecil
    skala menengah
    skala besar
    barang yang di tawarkan :
    telor konsumsi Rp.210/butir
    daging puyuh konsumsi Rp.3500/ekor
    puyuh petelor us.31hari RP.10.000/ekor
    telor tetas Rp.1000/butir
    ” harga di atas belum termasuk ongkos kirim “

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s