Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur yang Ideal [miniatur] ini dia . . . . . .

Salam sejahtera

Yth para pecinta puyuh dan seluruh pengunjung dimanapun anda berada.
Posting kali ini saya menampilkan gambar miniatur kandang burung puyuh petelur yang ideal.Ideal dalam arti sesuai dengan fungsi sebagai kandang puyuh, praktis dalam merehab kandang, maupun ideal untuk pemeliharaan.

Sebenarnya ingin juga melanjutkan postingan yang lalu mengenai analisa usaha burung puyuh petelur, tapi belum ketemu rumus menghitungnya dan dari pertemuan kelompok tadi saya mendapat informasi mengenai un-predictiable harga telur puyuh untuk tahun 2011 ini. Mungkin di postingan selanjutnya akan saya bahas mengenai harga telur puyuh.

Kembali ke kandang ideal…..

Kandang burung puyuh petelur yang akan saya sajikan ini merupakan kreasi dari mas Wiwid PT Peksi Gunaraharja. namun kata beliau, model kreasi ini boleh di-share untuk dunia perpuyuhan di Indonesia dan dimanapun berada.

Kandang puyuh petelur ini berbahan kayu dan alas strimin. Mempunyai kelebihan yang menjadi andalan yaitu model alas slorok (bahasa jawa), saya tidak tau bahasa Indonesia-nya slorok itu apa. Yang jelas bukan slow rock.
Karena itu daripada saya sebut dengan kandang puyuh petelur model slorok, mending saya beri nama dengan kandang burung puyuh petelur yang ideal, karena dikreasikan oleh Mas Wiwid yang notabene merupakan bagian dalam dari PT Peksi Gunaraharja (pelopornya dunia perpuyuhan di Indonesia – katanya).

Untuk persiapan bahan dan biaya yang dibutuhkan, saya sendiri belum pernah membuat dan menggunakannya. Untuk saat ini saya masih memakai kandang yang model lama.
Jadi silahkan dinikmati terlebih dahulu gambar miniatur berikut ini :

Kandang burung puyuh yang ideal tersebut mempunyai ukuran demikian :

  • panjang : 120 cm
  • lebar dalam : 60 cm
  • tinggi : 180 cm

 

Sekedar dipahami, bahwa populasi ideal burung puyuh di dalam ruangan kandang batre adalah [panjangxlebar] / 222.

Sehingga untuk ukuran kandang seperti gambar tersebut, tiap ruangan idealnya diisi 35 ekor burung puyuh petelur. Baiklah barangkali berani saja diisi 40 ekor silahkan.

Patokan atau standar rumus [panjangxlebar] / 222 akan membawa kondisi yang ideal pula bagi kelanjutan pemeliharaan burung puyuh petelur, baik produktivitasnya, umur produktivitasnya, dan yang jelas ya kesehatannya. Biarpun akhirnya semuanya kembali pada perawatan.

Melihat pada miniatur tersebut, dibuat menjadi 4 (empat) tingkat. Namun permisif juga untuk dibuat menjadi 5 tingkat.
Karena saya sendiri belum pernah membikin dan memakainya, untuk tempat minum dan tempat makan bisa dimodifikasi bagaimana silahkan sesuai dengan keinginan masing-masing peternak.
Apabila dibikin menjadi 5 tingkat, berarti per-unit kandang bisa menampung 200 ekor burung puyuh petelur. Apabila memelihara 1000 ekor berarti membutuhkan 5 unit kandang. (bandingkan dengan gambar kandang puyuh petelur yang model bambu di postingan saya terdahulu => di sini http://ariefmas.wordpress.com/2011/06/17/model-kandang-burung-puyuh-petelur-serba-bambu/). Ukurannya mirip, hanya bahan saja yang berbeda, dan tentu untuk pemeliharaan kandang ke depannya juga berbeda.

Kelebihan yang diunggulkan untuk model desain kandang burung puyuh petelur yang ideal ini adalah mudah dan praktisnya bila merehab. Alas pijak burung puyuh petelur yang berupa strimin ini bisa dilorot (model slorok), sehingga apabila jangka panjangnya ada salah satu yang rusak, tidak perlu bongkar total kandang, tapi cukup dengan mengambil ( nglorot – bhs jawa) dan kemudian diperbaiki. Praktis kan ?

Silahkan diperhatikan lebih mendetil :

Bandingkan juga dengan model kandang yang sampai sekarang masih saya pakai di sini => http://ariefmas.wordpress.com/2011/06/13/gambar-kandang-burung-puyuh-petelur-facelift/

Demikian desain model kandang burung puyuh petelur yang baru tadi saya dapatkan gambarnya.

Semoga bermanfaat.

About these ads

112 responses to “Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur yang Ideal [miniatur] ini dia . . . . . .

  1. Assalamu alaikum saya baru saya bergabung dan mempunyai niat dan tekat untuk usaha ternak puyuh petelur namun saya takut kalau menimbulkan bau bau tak sedap pada tetangga supaya tidak berbau gimana ya caranya saya mohon untuk diberikan ilmunya gimana sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  2. Gmana ya cara ngurangin bau kandangnya. ? ? Tolong d bantu pak. . ! :)

  3. lw sy udah 10 th beternak puyuh., dan lingkungan skitar sy sngat rapat pendudukny.,.,memang sekitar kandang menebar aroma yg tak sedap.,.sy punya cara jitu untuk itu.,.,.,ANDA TIDAK BOLEH PELIT KEPADA TETANGGA.,.
    ya.,.,sewaktu panen tetangga di kasih donk telur puyuh.,.,jg aroma tdk sedap saja yg dibagi.,.,ha.,.,ha.,.,ha

  4. Terima Kasih KI LEKSOH Atas semua yang anda berikan kepada saya…Angka Ritual Ghoib Aki Benar-benar Tembus 100%…mohon ma’af AKI ini pengalaman saya …waktu itu pernah saya meminta bantuan kepada seseorang yg mengaku pintar meramu angka toto…dan saya harus bayar untuk mendapatkan angkanya…sampai2 saya hutang sana , hutang sini…tapi apa yg terjadi…angka yg saya terima tadi gak ada yang keluar…mampus dalam hati kecil saya..gmn saya harus bayar utang yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih info teman untuk mencoba menjadi Member di KI LEKSOH…Alhasil Angka Ritual Ghoib yang KI.LEKSOH kirim ternyata Jitu 100%..dan akhirnya terbayar sudah hutang2 saya….ini hanya sekedar pengalaman bagi teman yang mau hub aki silahkan ini nmornya 0823-2248-6577saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI .tidak usah ragu-ragu…karena saya udah merasakannya…terima kasih KI LEKSOH…Salam Bahagia….!!!.nomor yang di berikan AKI di jamin tembus saya sudah buktikan 5x putaran gol .

Silahkan Menuliskan Komentar di Sini [Trima Kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s